BIMBINGAN TEKNIS / SOSIALISASI IMPLEMENTASI PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO DENGAN TEMA “SERTIFIKASI HALAL UNTUK PERKEMBANGAN PRODUK USAHA”

Selasa, 20 September 2022 | 08:18:08 WIB | Dibaca: 236 Kali


Dinas PMPTSP Kab. Tanjung Jabung Barat Laksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis / Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Dengan Tema “Sertifikasi Halal Untuk Perkembangan Produk Usaha”

Dinas PMPTSP Kab. Tanjung Jabung Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis / Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha dengan tema "Sertifikasi Halal untuk Perkembangan Produk Usaha", Kamis 15 September 2022 Bertempat di Aula Tungkal Hotel. Kegiatan ini secara langsung di buka oleh Kepala Dinas PMPTSP Kab. Tanjung Jabung Barat, Bapak H. Yan Ery S.PT, M.Si dan di Ikuti 40 Orang pelaku usaha yang ada di Kota Kuala Tungkal dengan Berbagai Macam Bidang Usaha.

Bapak H. Yan Ery, S.PT, M.SI selaku Kepala PMPTSP Kab. Tanjab Barat dalam sambutannya mengatakan maksud dan tujuan terlaksana nya Bimbingan ini salah satunya untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha mengenai ketentuan Perizinan Berusaha sebagai dampak dari diberlakukannya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta kerja serta pentingnya pemahaman pengetahuan mengenai Sertifikasi Halal Bagi Usaha Mikro Kecil.

Adapun Narasumber yang menyampaikan materi mengenai Sertifikasi Halal adalah Bapak Zakaria Ansori, S.H.I, M.H selaku Ketua Komisi Fatwa MUI Kab. Tanjung Jabung Barat. Beliau menyampaikan sebagaimana diketahui bahwa sertifikasi halal sekarang sudah menjadi kebutuhan para produsen sejak diterbitkannya peraturan terbaru Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 dan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021. 

“Kewajiban bersertifikat Halal bagi pelaku UMK dengan mekanisme self declare artinya mereka cukup membuat pernyataan dari mereka sendiri yang sudah memenuhi standar Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk disertifikasi, dimana hal ini dilaksanakan dengan wajib memenuhi kriteria, seperti produk tidak berisiko atau menggunakan bahan yang sudah dipastikan kehalalannya dan proses produksi yang dipastikan kehalalannya dan sederhana.”

“Saya berharap dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis / Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha dan Sertifikasi Halal untuk Perkembangan Produk Usaha ini dapat membantu dan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapat kan sertifikasi Halal,” ujar beliau mengakhiri sambutannya.

 

Tim Sistem Informasi DPMPTSP Kab. Tanjab Barat

Komentar Facebook