KADIS PMPTSP KAB. TANJAB BARAT DAMPINGI WAKIL BUPATI TANJUNG JABUNG BARAT IKUTI RAPAT KORDINASI NASIONAL INVESTASI DAN RAPAT HARMONISASI KEBIJAKAN PUSAT DAN DAERAH BAGI PEMERATAAN INVESTASI TAHUN 2020

Jumat, 21 Februari 2020 | 12:33:09 WIB | Dibaca: 666 Kali


Kadis PMPTSP Kab. Tanjab Barat Dampingi Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Ikuti Rapat Kordinasi Nasional Investasi Dan Rapat Harmonisasi Kebijakan Pusat Dan Daerah Bagi Pemerataan Investasi Tahun 2020

Jakarta, 20 Februari 2020

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Yan Ery, S.Pt, M.Si mendampingi Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Bapak Drs. H. Amir Sakib Mengikuti Rangkaian Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Investasi Tahun 2020 yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertempat di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, SCBD, Jakarta.

Rakornas kali ini bertema “Investasi untuk Indonesia Maju” melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) mulai dari jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, Para Gubernur, Bupati/Wali Kota, Sekretaris Daerah Provinsi, dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dalam forum Rakornas ini dibahas berbagai upaya untuk menciptakan kemudahan, kepastian dan keamanan bagi investor yang akan berinvestasi di Indonesia berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha serta membangun sinergi antara BKPM dengan seluruh stakeholder.

Dalam RAKORNAS Investasi 2020 juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara BKPM dengan Kapolri tentang Bantuan Pengamanan dan Penyelesaian Permasalahan di Bidang Penanaman Modal. Hal ini diharapkan dapat memberikan perlindungan hukum terhadap upaya kriminalisasi aparat pemerintah yang memberikan layanan perizinan.

Dalam Laporannya Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan hasil Rapat Harmonisasi Kebijakan Pusat dan Daerah untuk Pemerataan Investasi yang dilaksanakan sehari sebelumnya di depan Presiden Jokowi.  “Bapak Presiden, saya sudah berjanji kepada Kawan-kawan yang ada di DPMPTSP, saya akan menjadi jubir mereka dihadapan Bapak Presiden.” Ujar Kepala BKPM yang disambut tawa hangat seluruh hadirin. Ada beberapa Poin utama hasil Rapat Harmonisasi yang dilaksanakan kemarin antara lain: Pertama, mengusulkan perlunya Dana Alokasi Khusus (DAK) karena DPMPTSP Provinsi dan Kabupaten/Kota merasa sebagai pejabat kelas 3 di daerah padahal mereka memiliki tugas menangani investor. Kedua, Promosi investasi belum mempunyai peta sumber daya potensial untuk dipromosikan. Ketiga, setiap investor yang akan memulai usahanya harus melibatkan pengusaha-pengusaha di daerah, sehingga dapat meningkatkan realisasi investasi dan terjadinya pemerataan investasi di daerah. Selain itu juga beliau menyampaikan perlunya perlindungan dari resiko kriminalisasi terkait dengan pengurusan administrasi untuk pegawai DPMPTSP.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi mengabulkan permintaan Kepala BKPM bahwa PTSP akan diberikan DAK. Anggaran ini dapat dipakai untuk sosialisasi, memperbaikin manajemen sistem dan meningkatkan kecepatan pelayanan investasi. "Saya ingin PTSP menjadi rangking 1 dari seluruh kantor di daerah. Tapi harus benar-benar dipakai untuk melayani, namun juga menyelesaikan masalah-masalah yang dialami investor," tegas Jokowi.

Sementara itu Wabup Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kita di Tanjung Jabung Barat sangat mendukung kebijakan yang diperintahkan oleh Bapak Presiden. Semua Kewenangan Perizinan tidak ada lg pada OPD Tekhnis, seluruhnya sudah berada di DPMPTSP.” Tegas Wabup yang diamini oleh Kadis PMPTSP H. Yan Ery.

“Jadi kita kan tahu bahwa untuk mendorong investasi ini perlu ada kerjasama pusat dan daerah, investasi ini sangat penting. Tadi Bapak Presiden sudah menjelaskan dengan sangat detail dan rinci perlunya investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” Lanjut Wabup.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Wabup H. Amir Sakib didampingi oleh Kadis DPMPTSP Kab. Tanjab Barat H. Yan Ery, S.Pt, M.Si, Kabid Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Sistem Informasi H. A. Zaenuddin, S.Sos dan Kasi Perencanaan Penanaman Modal Zuhra, ST.

Narasi dan Editor : Tim Sistem Informasi DPMPTSP

Komentar Facebook