Percepat Transformasi Penerapan MPP Digital, DPMPTSP Tanjab Barat Gelar Rapat Sinergi Layanan Bersama Stakeholder Terkait

Kuala Tungkal – Selasa (10/09/2024)

Dalam rangka mempercepat penerapan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tanjung Jabung Barat menggelar rapat koordinasi bersama Dinas Kesehatan pada hari ini. Rapat tersebut bertujuan untuk mematangkan integrasi layanan publik melalui platform MPP digital guna meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi pelayanan bagi masyarakat.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Tanjung Jabung Barat, M. Haviz, SE, menyampaikan bahwa MPP Digital merupakan inovasi pemerintah Pusat melalui Kemenpan RB dalam upaya mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai layanan publik, hal ini sejalan dengan Surat Kemenpan RB Republik Indonesia nomor : B/534/PP.00.04/2024 Tanggal 10 Agustus 2024 Perihal Hasil Penilaian Kesiapan Penerapan MPP Digital yang mana Kabupaten Tanjung Jabung Barat ditetapkan menjadi salah satu Kabupaten yang siap menerapkan MPP Digital bersama 139 Kabupaten/Kota lainnya se Indonesia.

"Dengan adanya MPP Digital, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan, terutama di wilayah yang jauh dari pusat kota," ujar Nurhayati.

Rapat koordinasi ini merupakan langkah awal dari serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memastikan MPP Digital dapat segera diimplementasikan. DPMPTSP juga berencana untuk melakukan uji coba sistem dalam waktu dekat sebelum diterapkan secara resmi ke publik.

"Penerapan MPP Digital ini diharapkan mewujudkan pemerintahan yang lebih modern dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Kami berharap, dengan sinergi antar dinas, layanan publik dapat lebih cepat, mudah, dan transparan," tambah M. Haviz, SE.

Dengan percepatan implementasi ini, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat optimis dapat menjadi salah satu kabupaten terdepan dalam hal digitalisasi pelayanan publik di Provinsi Jambi. 

Dalam kegiatan rapat tersebut dilaksanakan pemaparan tentang MPP Digital oleh Risky Andriansyah, SE, ME (Pranata Komputer Ahli Muda) dan Rahmatullah Assiddiq, S.Kom (Pranata Komputer Ahli Pertama) DPMPTSP Kab. Tanjab Barat.

Penulis : Risky Andriansyah, SE, ME / Ade Pratama, SH

Foto Kegiatan : Facebook Prokopim Tanjab Barat